Catat Nih, Cara Menjaga Berat Badan Selama Lebaran

Selasa 03-05-2022,07:17 WIB
Editor : Gunawan

JAKARTA (DiswayJateng) - Momen Lebaran bagi Sebagian orang merupakan salah satu masa di mana berat badan bisa naik secara tiba-tiba.

Hal itu terjadi karena saat lebaran sejumlah hidangan lezat selalu hadir menghiasi meja makan. Terlebih saat kita berkunjung ke rumah sanak saudara.

Wakil Ketua Perhimpunan Ahli Gizi Klinik Indonesia Cabang DKI Jakarta (PDGKI-Jaya) Ida Gunawan berbagi cara atau tips untuk menjaga berat badan saat Lebaran 2022. Ida Gunawan menyarankan masyarakat selalu menerapkan prinsip 3J saat menyantap hidangan lebaran. Prinsip 3 J ialah jumlah, jadwal makan, dan jenis makanan yang disantap.

Menurut Ida, cara tersebut bisa mencegah berat badan naik dan gangguan pencernaan. Secara jumlah, masyarakat dianjurkan mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan.

“Misalnya, sarapan semangkuk bubur atau semangkuk ketupat (plus lauk pauk, red),” kata Ida, Minggu (1/5).

Dari sisi jadwal, masyarakat juga dianjurkan menyantap makanan utama tiga kali dan tiga kali camilan. "Dalam tiga jam (setelah sarapan, red) kita bisa makan siang,” ujarnya. Dari sisi jumlah, Ida menyarankan masyarakat tidak menyantap makanan secara berlebihan. Misalnya, tidak menyantap makanan yang digoreng ataupun yang mengandung lemak tinggi secara berlebihan. "Sebisanya jumlahnya diatur agar tidak berujung pada kondisi gangguan pencernaan dan kenaikan berat badan,” tutupnya. (mar7/jpnn)

Editor : R Gunawan

Tags :
Kategori :

Terkait