1.300 UMKM Siap Naik Kelas Lewat Kompetisi Shopee Berhadiah
--
JAKARTA, diswayjateng.id - Shopee Indonesia hari ini meluncurkan Shopee Jagoan UMKM Naik
Kelas; sebuah program kompetisi bagi pengusaha UMKM yang hadir dalam format reality show, perdana
dari Shopee. Lebih dari 1.300 UMKM dari berbagai kota di Indonesia telah mendaftar dan telah terpilih 20
finalis yang akan dihadapkan dengan 6 tantangan berbeda untuk memperebutkan modal usaha dengan
total Rp1 Miliar dan mendapatkan gelar ‘Jagoan UMKM’.
Program ini hadir sebagai salah satu upaya Shopee dalam memberikan dukungan bagi kemajuan UMKM
dengan warna dan semangat baru. Seluruh peserta akan mendapatkan kesempatan pengembangan
usaha melalui networking, mentorship serta coaching dari para pakar, promosi usaha, dan pemberian
dana usaha.
Head of Corporate Affairs Shopee Indonesia, Satrya Pinandita menjelaskan tujuan
diselenggarakannya program kompetisi ini. "UMKM merupakan pilar penting bagi perekonomian
Indonesia, karenanya penting untuk terus memberikan dukungan bagi perkembangan mereka agar bisa
naik kelas. Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, Program ini hadir dengan semangat
untuk mempromosikan lebih banyak usaha UMKM melalui bentuk tayangan atraktif, agar lebih banyak
masyarakat bisa lebih mengenal kualitas produk dan pengusaha UMKM di Indonesia. Untuk pengusaha
UMKM lainnya, kami berharap ada juga hal yang bisa dipelajari dari berbagai tantangan yang kami
berikan di setiap episodenya,” jelasnya.
Juri utama dalam program ini adalah Host & Entrepreneur ternama, Daniel Mananta dan Founder &
CMO BLP Beauty, Lizzie Parra. Hadir pula juri tamu serta mentor berbeda di setiap episodenya termasuk
Menteri UMKM Republik Indonesia Maman Abdurrahman, pemilik brand ERIGO Muhammad Sadad,
pemilik brand ZM (Zaskia Mecca) Haykal Kamil, CEO Bittersweet by Najla dan Content Creator Najla
Bisyir, dan sosok lainnya dari kalangan pengusaha, celebrity business owner, serta Seller Mentor
Shopee. Dengan pengalaman serta jam terbang masing-masing, para Jagoan UMKM berkesempatan
mendapat masukan dan bimbingan langsung dari para juri dan mentor ini.
Founder & CMO BLP Beauty, Lizzie Parra mengatakan, “Aku senang sekali bisa jadi bagian dari
program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas.
BACA JUGA:Visual Hearts2Hearts di Iklan Terbaru Shopee 9.9 Super Shopping Day On Point!
Sebuah kesempatan luar biasa bisa bertemu langsung
dengan puluhan pengusaha UMKM hebat yang punya skill serta dedikasi luar biasa dalam
mengembangkan usaha mereka. Ada banyak knowledge baru yang bisa didapatkan penonton dari acara
ini, termasuk bagaimana cara mengelola bisnis yang berkelanjutan dan cara beradaptasi di era digital
saat ini. Aku berharap semakin banyak orang yang mengapresiasi dan bangga untuk membeli produk
UMKM setelah menonton acara ini.”
6 Tantangan Bisnis Bagi Para Jagoan UMKM
Program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas hadir dalam 6 episode dan menghadirkan rangkaian
tantangan bisnis yang meliputi aspek kewirausahaan mulai dari marketing, keuangan, logistik,
operasional, hingga pengembangan produk. Seluruh tantangan dirancang khusus untuk menguji
keterampilan para pengusaha UMKM secara holistik dalam mengembangkan usahanya di era digital.
● Episode 1: Presentasi Bisnis untuk Potensi Pertumbuhan UMKM
Jagoan UMKM diminta untuk mempresentasikan usaha mereka yang meliputi beberapa aspek
seperti, Unique Selling Point (USP) produk bisnis, teknis operasional bisnis, hingga proyeksi
pertumbuhan bisnis.
● Episode 2: Menciptakan Produk Baru dengan Tema ‘Cinta Indonesia’
Jagoan UMKM ditantang untuk mengembangkan produk baru dengan tema ‘Cinta Indonesia’ dan
membuat strategi pemasaran yang optimal. Menghadirkan Founder of ZM Zaskia Mecca, Haykal
Kamil, sebagai juri tamu yang menilai dan memberikan insight terhadap produk yang dikembangkan.
● Episode 3: Konten Pemasaran Interaktif dan Kreatif
Jagoan UMKM ditantang untuk menciptakan konten pemasaran yang kreatif untuk mempromosikan
produk mereka. Hasil video para peserta dinilai para juri utama dan CEO Bittersweet by Najla dan
Content Creator, Najla Bisyir sebagai juri tamu.
● Episode 4: Berpacu Dalam ‘Logistic Race’
Jagoan UMKM diminta mengatur strategi untuk mengirimkan puluhan paket dengan cepat, tepat,
dan aman ke beberapa titik layanan ekspedisi. Fokus pada pentingnya memahami hulu ke hilir dari
operasional bisnisnya.
● Episode 5: Yakinkan Investor dalam 1 Menit
Jagoan UMKM melakukan pitching kepada 3 investor berbeda dalam periode 1 menit. Salah satu
juri tamu dalam tantangan ini adalah CEO Hangry Indonesia, Abraham Victor.
● Episode 6: Grand Final Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas
Jagoan UMKM menyampaikan strategi bisnis dan rencana pemasaran, serta melalui live streaming
penjualan produknya secara langsung ke calon pembeli. CEO Erigo & Erspo, Muhammad Sadad,
hadir sebagai juri tamu dan memberikan penilaian serta masukannya terhadap bisnis para Jagoan
UMKM.
BACA JUGA:Gandeng Vidio, Shopee Hadirkan Video Shopping, Inovasi Baru dalam Belanja Online
BACA JUGA:Shopee dan JKT48 Buktikan Chemistry Kuat Lewat MV Lebih Hemat, Lebih Cepat!
"Kami berharap program ini dapat memberikan motivasi, wawasan, dan insights tentang kewirausahaan
yang berguna bagi seluruh pengusaha UMKM di Indonesia. Kami juga turut berterima kasih kepada para
pihak sponsor dan tentunya juri tamu serta mentor yang telah mendukung terselenggaranya Shopee
Jagoan UMKM Naik Kelas.
Semoga tayangan ini bisa dinikmati dan benar-benar memberikan manfaat
positif bagi perkembangan UMKM di Indonesia," pungkas Satrya.
Selain Program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas, tahun ini Shopee juga telah memperkenalkan 3
program baru yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM dan pengusaha lokal, termasuk
Program Sukses UMKM Baru, Kampus UMKM Shopee Kelas Online, dan Program Ekspor Shopee
Flexi. Setiap program hadir untuk membantu UMKM di tiap tahapan usaha agar bisa berdaya saing dan
naik kelas.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber: