1.300 UMKM Siap Naik Kelas Lewat Kompetisi Shopee Berhadiah

1.300 UMKM Siap Naik Kelas Lewat Kompetisi Shopee Berhadiah

--

JAKARTA, diswayjateng.id - Shopee Indonesia hari ini meluncurkan Shopee Jagoan UMKM Naik
‎Kelas; sebuah program kompetisi bagi pengusaha UMKM yang hadir dalam format reality show, perdana
‎dari Shopee. Lebih dari 1.300 UMKM dari berbagai kota di Indonesia telah mendaftar dan telah terpilih 20
‎finalis yang akan dihadapkan dengan 6 tantangan berbeda untuk memperebutkan modal usaha dengan
‎total Rp1 Miliar dan mendapatkan gelar ‘Jagoan UMKM’.


‎Program ini hadir sebagai salah satu upaya Shopee dalam memberikan dukungan bagi kemajuan UMKM
‎dengan warna dan semangat baru. Seluruh peserta akan mendapatkan kesempatan pengembangan
‎usaha melalui networking, mentorship serta coaching dari para pakar, promosi usaha, dan pemberian
‎dana usaha.


‎Head of Corporate Affairs Shopee Indonesia, Satrya Pinandita menjelaskan tujuan
‎diselenggarakannya program kompetisi ini. "UMKM merupakan pilar penting bagi perekonomian
‎Indonesia, karenanya penting untuk terus memberikan dukungan bagi perkembangan mereka agar bisa
‎naik kelas. Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, Program ini hadir dengan semangat
‎untuk mempromosikan lebih banyak usaha UMKM melalui bentuk tayangan atraktif, agar lebih banyak
‎masyarakat bisa lebih mengenal kualitas produk dan pengusaha UMKM di Indonesia. Untuk pengusaha
‎UMKM lainnya, kami berharap ada juga hal yang bisa dipelajari dari berbagai tantangan yang kami
‎berikan di setiap episodenya,” jelasnya.



‎Juri utama dalam program ini adalah Host & Entrepreneur ternama, Daniel Mananta dan Founder &
‎CMO BLP Beauty, Lizzie Parra. Hadir pula juri tamu serta mentor berbeda di setiap episodenya termasuk
‎Menteri UMKM Republik Indonesia Maman Abdurrahman, pemilik brand ERIGO Muhammad Sadad,
‎pemilik brand ZM (Zaskia Mecca) Haykal Kamil, CEO Bittersweet by Najla dan Content Creator Najla
‎Bisyir, dan sosok lainnya dari kalangan pengusaha, celebrity business owner, serta Seller Mentor
‎Shopee. Dengan pengalaman serta jam terbang masing-masing, para Jagoan UMKM berkesempatan
‎mendapat masukan dan bimbingan langsung dari para juri dan mentor ini.
‎Founder & CMO BLP Beauty, Lizzie Parra mengatakan, “Aku senang sekali bisa jadi bagian dari
‎program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas.

BACA JUGA:Jingle Shopee dan Hearts2Hearts di Iklan Terbaru Shopee 9.9 Super Shopping Day ‎Bikin Netizen Ketagihan Denger

BACA JUGA:Visual Hearts2Hearts di Iklan Terbaru Shopee 9.9 Super Shopping Day On Point! ‎

Sebuah kesempatan luar biasa bisa bertemu langsung
‎dengan puluhan pengusaha UMKM hebat yang punya skill serta dedikasi luar biasa dalam
‎mengembangkan usaha mereka. Ada banyak knowledge baru yang bisa didapatkan penonton dari acara
‎ini, termasuk bagaimana cara mengelola bisnis yang berkelanjutan dan cara beradaptasi di era digital
‎saat ini. Aku berharap semakin banyak orang yang mengapresiasi dan bangga untuk membeli produk
‎UMKM setelah menonton acara ini.”
‎6 Tantangan Bisnis Bagi Para Jagoan UMKM
‎Program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas hadir dalam 6 episode dan menghadirkan rangkaian
‎tantangan bisnis yang meliputi aspek kewirausahaan mulai dari marketing, keuangan, logistik,
‎operasional, hingga pengembangan produk. Seluruh tantangan dirancang khusus untuk menguji
‎keterampilan para pengusaha UMKM secara holistik dalam mengembangkan usahanya di era digital.
‎● Episode 1: Presentasi Bisnis untuk Potensi Pertumbuhan UMKM
‎Jagoan UMKM diminta untuk mempresentasikan usaha mereka yang meliputi beberapa aspek
‎seperti, Unique Selling Point (USP) produk bisnis, teknis operasional bisnis, hingga proyeksi
‎pertumbuhan bisnis.
‎● Episode 2: Menciptakan Produk Baru dengan Tema ‘Cinta Indonesia’
‎Jagoan UMKM ditantang untuk mengembangkan produk baru dengan tema ‘Cinta Indonesia’ dan
‎membuat strategi pemasaran yang optimal. Menghadirkan Founder of ZM Zaskia Mecca, Haykal
‎Kamil, sebagai juri tamu yang menilai dan memberikan insight terhadap produk yang dikembangkan.
‎● Episode 3: Konten Pemasaran Interaktif dan Kreatif
‎Jagoan UMKM ditantang untuk menciptakan konten pemasaran yang kreatif untuk mempromosikan
‎produk mereka. Hasil video para peserta dinilai para juri utama dan CEO Bittersweet by Najla dan
‎Content Creator, Najla Bisyir sebagai juri tamu.
‎● Episode 4: Berpacu Dalam ‘Logistic Race’
‎Jagoan UMKM diminta mengatur strategi untuk mengirimkan puluhan paket dengan cepat, tepat,
‎dan aman ke beberapa titik layanan ekspedisi. Fokus pada pentingnya memahami hulu ke hilir dari
‎operasional bisnisnya.
‎● Episode 5: Yakinkan Investor dalam 1 Menit
‎Jagoan UMKM melakukan pitching kepada 3 investor berbeda dalam periode 1 menit. Salah satu
‎juri tamu dalam tantangan ini adalah CEO Hangry Indonesia, Abraham Victor.
‎● Episode 6: Grand Final Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas

‎Jagoan UMKM menyampaikan strategi bisnis dan rencana pemasaran, serta melalui live streaming
‎penjualan produknya secara langsung ke calon pembeli. CEO Erigo & Erspo, Muhammad Sadad,
‎hadir sebagai juri tamu dan memberikan penilaian serta masukannya terhadap bisnis para Jagoan
‎UMKM.

BACA JUGA:Gandeng Vidio, Shopee Hadirkan Video Shopping, Inovasi Baru dalam Belanja Online ‎

BACA JUGA:Shopee dan JKT48 Buktikan Chemistry Kuat Lewat MV Lebih Hemat, Lebih Cepat!


‎"Kami berharap program ini dapat memberikan motivasi, wawasan, dan insights tentang kewirausahaan
‎yang berguna bagi seluruh pengusaha UMKM di Indonesia. Kami juga turut berterima kasih kepada para
‎pihak sponsor dan tentunya juri tamu serta mentor yang telah mendukung terselenggaranya Shopee
‎Jagoan UMKM Naik Kelas.

 

Semoga tayangan ini bisa dinikmati dan benar-benar memberikan manfaat
‎positif bagi perkembangan UMKM di Indonesia," pungkas Satrya.
‎Selain Program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas, tahun ini Shopee juga telah memperkenalkan 3
‎program baru yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM dan pengusaha lokal, termasuk
‎Program Sukses UMKM Baru, Kampus UMKM Shopee Kelas Online, dan Program Ekspor Shopee
‎Flexi. Setiap program hadir untuk membantu UMKM di tiap tahapan usaha agar bisa berdaya saing dan
‎naik kelas.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait